Rabu, 14 Juli 2010

CSCW

Definisi CSCW
Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan.
Hasil CSCW biasanya disebut Groupware.
Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.

Tujuan Kerja Sama
Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
Kuliah atau demo. Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan.
Konferensi. Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda.
Proses kerja terstruktur. Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan.
Electronic commerce. Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis.
Rapat dan dukungan keputusan. Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan.
Teledemokrasi. Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online.

Pengelompokan Sistem Kerja Sama
Matriks waktu-ruang untuk mengelompokkan sistem kerja sama













Sinkron Tersebar
Adalah Tempat yang berbeda dan Waktu yang sama
Contoh dan Penjelasannya :
 Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
 Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh: TeamRooms, SEPIA.

Contoh gambar 1:
TeamWare Workplace (versi komersial TeamRooms dari University of Calgary)







Contoh gambar 2:
SEPIA (Structured Elicitation and Processing of Ideas for Authoring) untuk produksi dokumen hypermedia bersama






 Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance. Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike.

Contoh gambar:
WarCraft III dari Blizzard




 Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
 Video conferencing & teleconferencing: Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel).









Polycom Live 200p

Tatap Muka: Tempat dan Waktu Sama
Tampilan bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi.
Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.
Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems.


Tatap Muka (Lanj. )



Gambar:
GDSS Lab, Lappeenranta University of Technology, Finlandia menggunakan GroupSystems





Gambar:
Tampilan GroupSystems dari Ventana Corp.




















Gambar:
Tampilan GroupSystems dari Ventana Corp.


File sharing . Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file secara bersama.
Shared workspace . R uang kerja yang sama yang dapat diakses oleh semua pemakai.
Group activities . P ara pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh bantuan dapat “mengangkat tangan” untuk menampilkan tampilannya pada shared display atau pada tampilan pemimpin .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar