Rabu, 14 Juli 2010

BAB I
PENDAHULUAN
1. Pengantar
Interaksi Manusia – Komputer (IMK)
    (Human Computer Interaction / HCI)
    Merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem.
    Sistem tersebut meliputi :
    - Sistem pada komputer
    - Sistem yg digunakan dalam kehidupan sehari-hari : kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.

Peran Utama IMK
    Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien.
Model IMK melibatkan 3 komponen :
    a. Pengguna
    b. Interaksi
    c. Sistem
Kunci utama IMK adalah daya guna (usability) :
    a. Sistem harus mudah digunakan
    b. Memberi keamanan kepada pengguna
    c. Mudah dipelajari

Definisi dari Interaksi Manusia Komputer :
    1. Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan di mana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
    2. Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
    3. Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya.

Faktor-faktor Pendewasa HCI
    HCI merupakan suatu ilmu multidisiplin, banyak faktor secara langsung mempengaruhinya.
    Berbagai faktor yang ikut mendewasakan dan mengembangkan IMK, diantaranya :
    - kecerdasan buatan (artificial intelligence)
    - rekayasa perangkat lunak (software engineering)
    - matematika
    - ergonomics
    - multimedia (graphic design)
    - ...
   

Faktor Rekayasa Perangkat Lunak
    Definisi Rekayasa Perangkat Lunak :
    1. Instruksi-instruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan
    2. Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proporsional.
    3. Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.
    Faktor RPL merupakan faktor yang bisa menciptakan suatu program yang efektif,efisien, serta user friendly sehingga dihasilkan mesin yang betul-betul diinginkan oleh user.

Faktor Kecerdasan Buatan
    Kecerdasan buatan merupakan bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran.
    Faktor ini berperan penting dalam pengembangan IMK,sehingga akan tercipta sistem  yang betul-betul menyerupai pola pikir manusia.
    Contoh : Robot








Faktor Matematika
    Pembuatan suatu produk(software) haruslah efisien dalam perhitungan matematika.
   Jika software bisa dijalankan oleh semua orang, baik yang baru belajar komputer maupun yang telah pakar, unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software itu disukai oleh banyak orang.















Prinsip, diharapkan dapat meningkatkan daya guna sistem. Pendayagunaan, dipengaruhi oleh beberapa sifat :
1. Learnability, kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal.
2. Flexibility : menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi.
3. Robustness : tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan ataupun tujuan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar